Dilema 'Work From Home', Diam di Rumah Bisa Tak Makan, Keluar Rumah Kena Corona 

Dilema 'Work From Home', Diam di Rumah Bisa Tak Makan, Keluar Rumah Kena Corona 
Ilustrasi

RIAUSKY.COM - Upaya pemerintah menekan angka penyebaran dan penularan virus Corona atau Covid-19, dengan menginstruksikan kepada perusahaan dan dunia usaha untuk memberlakukan Work From Home (WFH) atau berkerja dari rumah.

Faktanya, instruksi tersebut tak mudah untuk dijalankan setiap masyarakat. 

Karena itu, pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin, meminta kepada pemerintah untuk tidak hanya sekadar memberikan instruksi. Namun juga harus memberi solusi bagi mereka yang terpaksa keluar rumah untuk mencari pemasukan. 

Sebab, tidak semua orang bekerja di perusahaan dan mendapatkan penghasilan tetap. Banyak pula masyarakat yang mengandalkan perekonomian dari penghasilan harian. 

"Bagi mereka yang nggak punya (penghasilan tetap), mau nggak mau terpaksa bekerja di luar. Harus melawan maut hadapi Corona," ujarnya seperti dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (20/3). 

Ujang menambahkan, bagi sebagian rakyat, tak keluar rumah artinya tidak bisa makan. Ini merupakan dilema besar yang harus dihadapi masyarakat. 

"Di rumah bisa tak makan, keluar rumah bisa terinfeksi virus Corona. Pemerintah juga tak punya solusi untuk hal ini. Seharusnya negara yang memberi jaminan agar rakyat bisa makan walau tak keluar rumah," pungkasnya. (R01)

Sumber: Rmol.id

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index